Monday, October 7, 2013

JLEB!

Desain menurut saia adalah sesuatu yang dibuat untuk memecahkan masalah, a problem solving. Para desainer dalam berkarya pasti bikin sebuah desain berdasarkan kebutuhan/masalah yg ada. Misal ya, ada yg minta dibikinin desain, untuk aplikasi sablon ke kaos, 3 warna & untuk keperluan event lomba. Si desainer pasti akan berusaha membuatkan desain yg ngga sulit buat disablon,  yang gambarnya ngga rumit karena warnanya terbatas, plus desain tersebut harus cukup hip secara style, dengan harapan yg make kaos merasa nyaman. Yg make kaos seneng, desainer pasti ikutan seneng :)

Tapi, dibalik semua keindahan dan kebahagiaan tadi, ada sebuah proses yang ngga singkat dan ngga mudah. Mungkin bikinnya cepet, sejam jadi. Proses mikirnya itu bisa seminggu bahkan sebulan. Karena perlu brainstorming, cari konsep, milih style, dll. Ga smua desain itu one-shot-kill, revisi pasti ada, untuk menyamakan suara antara customer & desainer. Tapi sayangnya ga smua customer menghargai para desainer, kerja keras mereka dipandang sebelah mata.

The Raw Image


Contohnya desain diatas ini, kliatannya simple, tapi butuh sebulan buat saia utk bikin ini. Cari inspirasi diantara rak2 kaos distro, buka2 halaman buku/majalah, browsing situs desain, etc. Akhirnya muncullah desain tersebut. Kemudian setelah di approve konsepnya, masuklah ke lembar revisi. Penataan tulisan dan pemilihan font yg harus diperbaiki. Oke, lalu saya masukkan tulisan2 yang harus masuk ke dlm desain, menatanya dan milih font yg tepat supaya  jadi satu kesatuan yang sedap dipandang.
Aaand....Voila!
The Mock-Up 
Saatnya desain disetor. Selang beberapa lama file mentahnya diminta, tanpa curiga ya dikasih lah, kan buat disablon apalagi temen2 ini. Lalu beberapa hari kemudian ada "pemberitahuan" bukan "persetujuan" loh ya. It said, design fixed uda jadi temen2 suka yg begini :


JLEB! Omaigot, tau gtu dari awal ga ta bikinin deh. Mending sekalian aja jangan pake desain saia. Sekalian rubah total. 100% beda. Daripada begini, pokoknya saya ga mengakui ini desain saia. Entah dipuji krn bagus ato dicaci krn jelek, tolong tujukan ke orang lain, bukan saia.

Agar ga terulang lagi ato sebelum terjadi melalui tulisan ini saia mau share beberapa DON'T dalam desain :

1. Jangan menjiplak karya desainer lain
2. Jangan membandingkan desainer 1 dengan desainer yg lain, terutama karyanya
3. Jangan merubah desain diluar sepengetahuan desainer aslinya
4. Jangan minta buru2 jadi, kami tau deadline kami koq
5. Jangan bilang "itu kan gampang, masa kmu ga bisa?" Klo gampang, kerjain aja sendiri
6. Jangan mengkritik bahkan menghina sebuah desain di depan desainernya, cari kata2 yg lbh sopan
7. Jangan semena-mena thd desainer, mereka itu makhluk sensitif, sekali dirusak moodnya gatau apa yg bakal terjadi.

Klo kamu terlanjur melakukan hal tersebut diatas, minta maaflah secara baik2. Tapi harap diingat, memaafkan bukan berarti melupakan..


No comments:

Post a Comment