Tuesday, September 13, 2011

Otot Kawat Balung Wesi

Sketch by Tosan 

 
Steel Bone (Colored)

Mitologi Jawa, dalam hal ini pewayangan, di masa saya kecil udah diperkenalkan kepada anak2 oleh orang tua. Tokoh2 jagoan seperti Hanuman, Bima, Arjuna pasti akan selalu diingat, dan yang paling jadi idola, sudah tentu Gatotkaca. Diceritakan sebagai putra dari Bima, salah satu Pandawa Lima, Gatotkaca mempunyai kekuatan dewa, berototkan kawat dan bertulang besi, dapat terbang secepat kilat dan sakti mandraguna.

Dengan nama dan kekuatan yang legendaris itu, Gatotkaca diingat oleh seluruh anak2 yang pernah mendengar ceritanya. Tapi di jaman sekarang, kepopuleran Gatotkaca mulai meredup. Sudah jarang orang tua yang menceritakan dongeng tentang mas Gatot ini, atau bisa jadi, para orang tua sekarang adalah missing link alias merekalah yang terakhir mendengar cerita legenda tersebut, dianggap membosankan, lalu dilupakan, jadi anak2 mereka tidak pernah diceritakan soal kehebatan Gatotkaca. Tragis...

Di tahun 2008, muncullah film box office yang berdasarkan karakter komik Marvel yaitu Iron-Man. Mungkin ini yang menjadi inspirasi sepupu saya, Tosan Cazlorda, untuk menggambar Gatotkaca tapi versi Iron-Man. Waktu liat dia posting gambar tangannya di FB, iseng2 download, terus diwarnai pake illustrator + photoshop (sekalian belajar digital coloring). Dan hasilnya...Steel Bone (kayaknya kurang rapih ya. hehehehe :p).

Keep your lights on... :)




No comments:

Post a Comment