Thursday, December 8, 2011

There Ain't No Such Thing As A Free Lunch

Yap, makan siang gratis itu cuman mitos. Kok bisa? Eitss, nanti saya jelaskan ;)

"There Ain't No Such Thing As A Free Lunch", sebuah ungkapan yang muncul pada akhir 1800an di New Orleans, USA. Kalimat ini digunakan ketika jaman dulu, sebuah tempat minum memberikan makan siang gratis di promosinya. Padahal makan siang itu hanya berlaku bila anda membeli liquor/minuman keras dengan harga tertentu. Alhasil, banyak orang merasa tertipu dengan pengumuman tersebut. Menurut saya, promosi yang sangat berani di kala itu...

Ungkapan tersebut diatas mempunyai arti yang berbeda untuk saya. Tidak jauh dari pengartian di atas, menurut saya, segala sesuatu hal di dunia ini tidak cuma-cuma/gratis/sia-sia. Kita ambil contoh aja, kamu ditraktir temanmu bakso pas banget waktu lapar + ga punya duit. Thankful banget kan? Kita  merasa berhutang (kalo kamu sadar :p) dan suatu ketika kita yang traktir dia. Temanmu itu tanpa disadari udah menabung 1 kebaikan dan Tuhan  membalas melalui kamu. Ada yang menganggap ini karma/timbal balik/simbiosis mutualisme dll. Tapi memang beginilah adanya, disadari ato ngga :)

Tetapi ada juga yang mengartikan ungkapan There Ain't No Such Thing As A Free Lunch ini dengan terang2an bahwa saya udah ngasih kamu, sekarang kamu ngasih saya dong! (mengharap imbalan). Kalo di kalangan umum dikenal dengan nyogok/suap/dll. Jauh2 aja deh orang2 kayak gitu.

Beberapa kali saya dimintain tolong buat design oleh teman, saudara, dll. Selama ngga sibuk, pasti saya bantu, tanpa sepeser imbalan pun, be good to me then :p Saya ngga keberatan menolong mereka, karena mungkin lewat merekalah rejeki saya datang, siapa tau temennya temennya temen saya itu butuh designer, trus dia rekomen saya, Aamiin, hehehe. Intinya adalah, banyak-banyaklah memberi, jangan dihitung dulu imbalannya, niscaya nanti dan pasti akan datang balasannya :)

Berikut beberapa karya-karya buat temen2 saya, anggep aja latihan, lumayan juga buat portfolio :D

Cover Untuk Proposal Event Capoeira Festival


Design Kaos Untuk Perkumpulan Pelajar Indonesia


Spanduk Untuk 17 Agustusan & Sholat Ied


Poster Seminar Tentang Bahaya Aborsi
Keep Your Lights On....

No comments:

Post a Comment